LMNPOP! [REKAMAN SUARA]

Resensi album, musik, musik pop

Deskripsi

DATA BIBLIOGRAFIS


Judul Album

:

LMNPOP!

Pengarang

:

Jamie Aditya Graham

Format

:

CD

Penerbitan

:

Jakarta : Demajors, 2019

Deskripsi Fisik

:

1 CD : digital, stereo ; 4 3/4 inci

No. Panggil

:

781.63 GRA l

Subjek

:

Musik populer


Pop, funk, RnB, Soul | 5 lagu | 19 Menit.

Dapat diakses di Layanan Audio Visual Lantai 8, Perpusnas Medan Merdeka Selatan



RESENSI


Tentu nama Jamie Aditya tidak asing bagi para penonton MTV di tahun 90'an - 2000'an? iya betul, ia adalah VJ Jamie yang banyak dikenal orang sebagai pribadi yang jenaka, dan ekspresif.


Tidak banyak ada yang tahu bahwa Jamie adalah musisi yang telah mengeluarkan dua album (mini) sebelum album ketiganya ini: LMNPOP! (LOVE ME NOW OR PERISH ON POP).


Nuansa yang disajikan album ini adalah pop-funk-RnB-soul. Jika pendengar suka dengan musisi seperti Pharell Williams, kemungkinan besar juga akan suka dengan cita rasa musik yang Jamie tampilkan.


Menariknya, menulis lagu, merekam semua instrumen, dan overdub dikerjakan sendiri oleh Jamie. Hasilnya, bisa diblilang di luar ekspektasi seorang solois yang jarang mengeluarkan album. Rapi luar biasa!


"Better With U" menghentak dengan irama yang uplifting. Nuansa synth pop 80'an kental menyelimuti sepanjang lagu. Vokal falset Jamie mengingatkan pendengar pada penyanyi soul motown, Prince atau Michael Jackson muda. Menyiratkan kegembiraan dan keriangan yang paripurna.


"Watchin' Us" mengirim sinyal tentang bagaimana kejayaan Kool and The Gang menjadi referensi yang nyata bagi tembang yang satu ini. Riang, bassline yang dinamis, synth yang atmosferik, dan letupan terompet jadi aksennya.


"Tuesday" juga bertempo cepat, berpotensi membuat bahu bergoyang dengan drum yang memburu, bassline yang tebal dan bergerak lincah serta aksen terompet yang manis harmonis namun dengan porsi yang pas.


"Eastern Promises" menyengat dengan voltase funk yang sangat kuat. Sulit untuk menahan bahu dan badan ikut bergoyang sejak detik pertama lagu ini berkumandang. Apalagi dengan refrain yang sangat catchy, bassline bergerak lincah, dan suara tamborin yang mengisi serta synthesizer yang merangkul tepat sasaran.


"Tickin'" adalah racikan pop manis dengan nuansa RNB yang kental sekaligus ringan dengan tempo yang sedang.


Jamie Aditya mungkin belum seproduktif solois lain di Indonesia. Namun, musikalitas pria berdarah sunda-Irlandia ini tidak bisa dianggap enteng. Seperti apa jika ia mengeluarkan album yang lain? apapun nuansanya pastinya patut diantisipasi.



Penulis & desainer:

Umbara Purwacaraka - Pustakawan Ahli Muda, Perpusnas RI

Informasi Tambahan

Pengarang Jamie Aditya Graham
Penerbit Demajors Records
Tahun Terbit 2019
Edisi -
Kota Jakarta
Lembar Kerja
Kategori Literatur Sekunder

oleh Umbara Purwacaraka, S.Ikom. ()