Tanggal Diserahkan

2020-03-12 09:03:42

Jenis

Karya Rekam

No. Deposit


Bentuk

Buku / Artikel

ARIFIYANTO, YUSUF, , SUSANAH

Profil Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pememcahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

Tipe Buku / Artikel
Penerbit Jurusan Matematika UNESA
Deposit
Kode
Tahun Terbit 2018
Hak Cipta Copyright (c) 2018 Jurusan Matematika UNESA
Tepat Terbit
Tanggal Terima 1970-01-01 07:01:00
Abstrak Proses berpikir reflektif diantaranya adalah kemampuan seseorang untuk mereview, memantau, dan memonitor proses solusi dari pemecahan masalah. Untuk melibatkan berpikir reflektif siswa, maka seorang pendidik harus membuat serangkaian aktivitas pemecahan masalah matematika yang ditujukan kepada siswanya. Dalam menyelesaikan kegiatan pemecahan masalah setiap orang berbeda-beda, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah gaya kognitif seseorang. Penelitianaini merupakan penelitiansdeskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa SMA yang memiliki kemampuan setara, 1 siswa dengan gaya kognitif field dependent, dan 1 siswa dengan gaya kognitif field independent. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan wawancara. Siswa dengan gaya kognitif field dependent dan field independent menggunakan proses berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah dengan karakteristik berpikir reflektif yaitu: mengkomunikasikan ide dengan simbol atau gambar, menyusun rencana berdasar pengalaman yang telah dimiliki, memeriksa kembali pekerjaannya, menyadarai kesalahan dan bisa memperbaikinya, akan tetapi siswa field dependent tidak bisa menjelakan secara logis apa yang telah dikerjakannya sedangkan siswa field independent bisa menjelaskan secara logis apa yang dikerjakannya. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent Abstract The reflective thinking process among others is a persons ability to review, observe, and monitors the process of solution from troubleshooting. To involve the reflective thinking of students, an educator must create a series of mathematical problem-solving activities addressed to his students. In solving the problem solving everyone is different, one of the factors that affect is a style of cognitive someone. This study is a qualitative descriptive research that aims to describe the reflective thinking profile of students in solving mathematical problems in terms of cognitive style of field dependent and field independent. The subjects of this study consist of 2 high school students who have equal ability, 1 student with cognitive field dependent, and 1 student with independent field cognitive style. Data were collected using test methods and interviews. Students with field dependent and field independent cognitive styles use the reflective thinking process in solving problems with reflective thinking characteristics namely: communicate ideas with symbols or pictures, compile plans based on the experience that has been owned, re-examine the work, realize errors and can fix them, but field dependent students cannot logically explain what they have done while field independent students can explain logically what they do. Keywords: Reflective Thinking, Problem Solving, Cognitive Style, Field Dependen, field Independent
Tag Ind1 Ind2 Isi